Begini Cara Mempersiapkan Diri Untuk Wawancara

Mendapatkan panggilan wawancara dari perusahaan terkenal bisa menjadi pengalaman yang menarik bagi siapa pun yang mencari ‘peluang yang lebih baik’ untuk naik level dalam kehidupan profesionalnya. Anda mendapat panggilan untuk wawancara, menerima surat atau hanya membuka email itu sekarang apa? Ini mungkin wawancara pertama Anda atau Anda mungkin pernah menghadapi panel rekrutmen sebelumnya, tetapi selalu lebih baik untuk mempersiapkan terlebih dahulu sebelum Anda mulai menjawab pertanyaan.

Jadi, inilah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam persiapan wawancara dan bersinar di antara para kandidat.

Penelitian Tentang Organisasi:

Ketika kita mendapat kesempatan, tingkat kegembiraan kita ada di atas. Tetapi mengetahui hal-hal acak tentang perusahaan tempat Anda mungkin bekerja dalam beberapa hari tidak cukup. Jadi sudah waktunya untuk mengontrol tingkat pernapasan Anda dan dapatkan laptop Anda SECEPATNYA. Cari tentang perusahaan itu secara online atau tanyakan siapa saja yang mungkin memberi tahu Anda sesuatu yang bermanfaat tentang organisasi itu selama persiapan wawancara.

Mendapatkan info tidaklah sulit di era digital ini. Anda dapat mengunjungi situs web mereka, memeriksanya di media sosial dan Anda bahkan dapat membaca siaran pers tentang mereka. Dapatkan informasi apa pun yang akan membantu Anda mendapatkan informasi terbaru tentang mereka dan menempatkan Anda di zona percaya diri. Pelajari tentang lingkungan kerja mereka, klien seperti apa yang mereka tangani, keberhasilan masa lalu mereka, dan bahkan proyek yang gagal (jika ada!).

Selalu Berpakaian Baik Untuk Wawancara:

Langkah selanjutnya adalah memoles penampilan Anda dan menampilkan diri Anda sebagai lelaki yang mantap dan baik (atau perempuan). Ini penting dan Anda tidak boleh pernah kompromi pada fase ini bahkan jika perusahaan tidak memiliki aturan ketat untuk itu. Dapatkan diri Anda beberapa setelan bagus. Setelan membuat kesan yang baik saat mempersiapkan wawancara dan membantu Anda terlihat lebih profesional bahkan jika Anda tidak suka mengenakan jas selama jam kerja secara rutin.

Pilih warna terang saat memilih baju Anda karena warna gelap atau mencolok terlihat sedikit aneh untuk sesi wawancara. Alih-alih putih murni, bagaimana kalau mengenakan kemeja formal putih? Atau Anda bahkan dapat mencoba warna biru langit agar terlihat sopan dan profesional.

Terlepas dari warna yang Anda pilih, tujuan utama di sini bukan untuk memilih warna yang sangat gelap. Karena jika Anda melakukannya maka pewawancara mungkin berpikir Anda akan menghadiri upacara pernikahan setelah wawancara itu.

Berperilaku Dengan Benar:

Dalam sebuah wawancara, bagian yang paling menjengkelkan dan membuat frustrasi adalah menunggu giliran Anda di ruang tunggu itu. Banyak orang mulai merasa gugup, yang lain berperilaku sedikit tidak sabar dan kelompok lain cenderung menghabiskan waktu dengan gosip (jangan tersinggung wanita!). Tetapi Anda harus mengingat hal ini bahwa beberapa perusahaan bahkan menghitung dan menandai perilaku Anda di ruang tunggu. Berarti Anda harus berperilaku baik dan benar alih-alih menggertakkan gigi, membuat keributan, atau mengenai kaki Anda di lantai yang semuanya menunjukkan ketidak profesionalan atau kegugupan.

Mainkan Pindah Anda:

Berhati-hatilah saat pertanyaan diajukan karena jika Anda mengatakan ‘maaf, dapatkah Anda mengulangi pertanyaan’ sehingga mungkin menyinggung pewawancara. Bukannya panel tersebut memiliki orang-orang yang moody, tetapi mereka tidak menginginkan seseorang di perusahaan mereka yang tidak sadar akan lingkungannya. Taruh senyum lembut di wajah Anda meskipun Anda tidak menjawab dengan benar atau merasa sedikit takut.

Dan hindari membuat satu kesalahan yaitu mengganggu orang lain dengan pertanyaan Anda. Anda akan mendapatkan waktu untuk mengajukan semua pertanyaan tentang posisi Anda, gaji, kriteria promosi dan semua itu. Jadi tunggu sampai tahap itu dan ingatlah hal ini selama persiapan wawancara.

Ali Raza adalah penulis lepas yang tinggal di Lahore Pakistan. Dia telah menulis artikel selama lebih dari setahun sekarang dan suka menulis tentang Bisnis & Keuangan, Anak-anak & Pengasuhan Anak dan Pekerjaan & Pendidikan. Anda dapat terhubung dengannya di Twitter (CredulousD) untuk membahas lebih lanjut tentang proyek Anda dan mendapatkan konten terbaik untuk perusahaan / kampanye Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *