Bisa Detoks, Ini 6 Manfaat Buah Sawo yang Mencengangkan

Tidak semua orang pernah mencoba buah sawo, karena buah ini sebenarnya diklasifikasikan sebagai buah musiman. Tapi begitu Anda mencobanya, Anda bisa menjadi kecanduan. Selain itu, ada manfaat buah sawo untuk menjaga kesehatan yang bisa Anda rasakan.

Buah sapodilla (Manilkara zapota) adalah buah yang berasal dari Meksiko selatan, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia, tetapi juga tersebar luas di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, Malaysia dan Indonesia.

Bisa Detoks, Ini 6 Manfaat Buah Sawo yang Mencengangkan

Penampilan luar sawo menyerupai kiwi dengan kulit kecokelatan, tetapi dagingnya juga cokelat, memiliki tekstur berpasir dan biji hitam kecil.

Kandungan buah sawo

Buah sawo mengandung, dibalik rasa manis dan sah, beberapa nutrisi dalam bentuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sebagian besar nutrisi dalam buah sawo, yaitu vitamin C (39,33%), karbohidrat (37,00%), serat (33,68%), zat besi (24,13%) dan tembaga (23,00%).

Secara total, buah sawo (sekitar 241 gram) mengandung nutrisi berikut:

Kalori (200 Kkal)

Serat (12,8 g)

Lemak (2,65 g)

Protein (1,06 g)

Karbohidrat (48,1 g)

Kalsium (51 mg)

Air (187,98 g)

Magnesium (29 mg)

Zat Besi (1,93 mg)

Kalium (465 mg)

Fosfor (29 mg)

Asam Pantotenat (0,607 mg)

Vitamin C (35,4 mg)

Asam folat (34 ug)

Niasin (0,482 mg)

Vitamin A (7 ug)

Manfaat kesehatan dari buah sawo

Berdasarkan kandungan vitamin A, niasin, asam folat dan magnesium, ada banyak manfaat buah sawo yang bisa Anda dapatkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa manfaat buah sawo adalah dapat menyembuhkan masalah pencernaan seperti diare dan masalah paru-paru.

Beberapa khasiat buah sawo yang bisa Anda dapatkan antara lain:

Sumber energi

Rasa manis dalam cokelat berasal dari kandungan fruktosa dan sukrosa. Kedua gula alami bermanfaat untuk meningkatkan energi Anda secara instan tetapi tetap sehat.

Makan buah sawo juga bisa mencegah Anda merasa lemah sepanjang hari. Namun, jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

Saluran pencernaan yang sehat

Kandungan serat yang tinggi dalam Sapodilla memungkinkan untuk memberi makan saluran pencernaan. Anda terhindar dari berbagai penyakit pencernaan seperti diare dan sembelit.

Memperkuat tulang

Manfaat buah sawo berasal dari rahim dalam bentuk kalsium, zat besi dan fosfor. Mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang agar tetap sehat dan tidak cepat keropos.

Mencegah infeksi bakteri

Buah sawo mengandung antioksidan polifenol yang telah terbukti dapat mencegah infeksi bakteri. Namun, Sapodilla tidak dapat digunakan sebagai langkah pengobatan utama jika Anda menderita infeksi bakteri ini.

Dapatkan ke dokter segera dan meminta perawatan medis yang dapat menghilangkan infeksi bakteri yang telah Anda derita.

Membuang racun dari tubuh

Buah sawo adalah detoksifikasi alami yang dapat Anda gunakan setiap hari karena tidak berbahaya bagi kesehatan. Jika Anda mengonsumsi cokelat, kandungan tersebut dapat membantu tubuh membuang racun melalui urine (buang air kecil).

Menormalkan tekanan darah

Manfaat buah sawo berasal dari kandungan magnesium dan kaliumnya. Kedua mineral telah terbukti menormalkan tekanan darah bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan ini.

Selain itu, kalium juga dapat mengurangi risiko stroke, mencegah kehilangan otot, dan mengurangi pembentukan batu ginjal.

Mempercepat proses penyembuhan luka di kulit

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B5 yang terkandung dalam buah sawo bisa mempercepat proses penyembuhan luka gores. Selain itu, buah Sapodilla dipercaya mampu mengobati reaksi kulit hingga terapi radiasi.

Membantu mengurangi stres

Buah sawo memiliki kandungan vitamin C hingga 39,33%. Ini berarti bahwa gangguan stres dapat diatasi dengan buah-buah sawo, karena vitamin C sangat baik untuk kesehatan umum Anda dan juga membantu mengurangi perasaan stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *