Keindahan Masjid Islamic Center Lhokseumawe

Masjid Islamic Center Lhokseumawe terletak di T. Hamzah Bendahara – Simpang Empat, Distrik Anda Sakti, Kota Lhokseumawe, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Masjid ini berdiri megah di kota Lhokseumawe dan memiliki nuansa yang sangat kental di Timur Tengah. Pembentukan Masjid Islamic Center menghidupkan kembali nuansa tebal Kerajaan Islam Samudera Pasai, yang pernah menjadi kerajaan Islam pertama di Indonesia.

Keindahan Masjid Islamic Center Lhokseumawe

Beberapa tahapan juga dilakukan untuk membangun masjid Islamic Centre ini, dimulai dengan pembangunan struktur utama masjid yang begitu besar, dengan Kubah Masjid yang juga sangat mengesankan. 

Kehadiran masjid ini juga dapat menghibur masyarakat Lhokseumawe selama gempa bumi dan tsunami yang menghancurkan wilayah tersebut pada tahun 2004.

Beberapa fasilitas juga dibangun, seperti gedung serbaguna, Madrasah Diniyah, gedung perpustakaan, wisma tamu, museum, taman kanak-kanak dan Taman Studi Al-Qur’an (TPA). Itu juga dibangun oleh rumah imam tinggi, yang digunakan sebagai tempat tinggal imam yang menjalankan masjid.

Beberapa fasilitas Pusat Islam Lhokseumawe

Masjid Agung: Dibangun dengan tiga lainnya, dua lantai utama digunakan sebagai ruang sholat yang dapat menampung 6.000 jamaah di lantai pertama, dan lantai dua digunakan untuk sekitar 3.000 jamaah. Sementara basement digunakan sebagai ruang ekstra saat kapasitas di lantai 1 dan 2 tidak bisa lagi dihentikan.

Bangunan perpustakaan: Bangunan ini dibangun di atas lahan seluas 3.662 meter persegi dan dapat menampung 250 orang sekaligus. Beberapa buku referensi, penelitian, dan buku-buku lain dapat dibaca di perpustakaan ini.

Guest House: Dibangun di dua lantai, sepuluh kamar tidur, dengan 2 orang per kamar. Rumah tamu khusus digunakan untuk tamu dari berbagai daerah, serta da’I dari berbagai daerah.

Madrasah Diniyah: Dilengkapi dengan dua belas ruang belajar, ditambah dua ruang laboratorium dan perpustakaan yang dapat menampung 368 siswa. Madrasah Diniyah ini bisa dibilang cukup lengkap dengan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh siswa sebagai penunjang.

Tempat penjualan: terdiri dari puluhan kios makanan / kantin, puluhan toko suvenir, toko buku, butik, kafe internet, toko telekomunikasi, fotokopi, dan sebagainya.

Museum: Museum ini dibangun dengan luas 1.112 meter persegi, kemudian ditambah dengan beberapa ruang pameran besar, serta ruang sementara yang dapat digunakan.

Gedung Serba Guna: Berbagai fungsi juga dihadirkan, seperti gedung pertunjukan, pameran seni, olahraga, dan sebagainya. Ruang bangunan multifungsi dapat menampung hingga 2.200 orang.

Rumah Imam Besar: Khusus sebagai tempat tinggal imam besar masjid, sehingga lokasi kediamannya tidak jauh dari masjid dan aktivitas para jamaah dapat dilakukan dengan lancar.

Latar belakang dan tujuan Pusat Islam Kota Lhokseumawe

Pusat Islam atau Pusat Studi dan Pengembangan Islam terletak di pusat Lhokseumawe. Islamic Center juga merupakan bagian dari Ikon baru di wilayah Samudera Pasai sebagai Pusat Konsentrasi baru untuk membentuk kembali peradaban Islam yang tenggelam di Negara Islam Pertama di Asia Tenggara.

Memang, kebesaran Kesultanan Pasai Samudera sangat luas di seluruh Aceh. Tujuan utama pembangunan masjid dan pusat Islam di kota Lhokseumawe adalah mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat kemanusiaan Islam, dengan berbagai fasilitas yang memadukan unsur-unsur agama, pendidikan, dan bahkan ekonomi.

Sejarah pembangunan Masjid Lhokseumawe dan Islamic Centre

Pembangunan masjid didasarkan pada deskripsi sejarah sebelumnya, di mana kejayaan Islam Samudera Pasai berusaha untuk dipulihkan, dan fungsi keseluruhan dari totalitas masjid sebagai entitas pemersatu rakyat juga telah dimasukkan ke dalam gagasan untuk menciptakan masjid yang megah ini. untuk membangun. 

Gagasan membangun Masjid Lhokseumawe dan Islamic Center berawal dari sejumlah tokoh Ulama dan Cendikiawan di wilayah Aceh Utara, yang dipimpin oleh Ir. H. Tarmizi A Karim, M.Sc, mantan Bupati Aceh Utara saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *