Keunggulan Dan Kekurangan Kain Linen

Kain Linen – Jenis produk tekstil kain linen kini sudah berkembang pesat dan sudah terdapat banyak varian yang beredar di pasaran. Cara pengolahannya yang berbeda, membuat kain linen ini memiliki banyak keunggulan dan daya tarik tersendiri.

Harga Bahan Kain Linen

Saat ini kain linen memiliki banyak sekali varian, antara lain kain katun linen look. linen 3 G, linen kenzo, lineta linen atau linen slub, linen euro atau linen viscouse, interles slub dan lain- lain.

Kelebihan Kain Linen

Kain linen selain salah satu jenis kain yang berkualitas tinggi, kain ini juga memiliki banyak sekali keunggulan.

Berikut ini beberapa keunggulan kain linen yang dapat Anda ketahui.

1. Kain linen memiliki serat yang lebih tebal

Bisa dikatakan bahwa semua jenis kain linen memiliki serat kain yang lebih tebal, dibandingkan dengan jenis bahan kain yang lainnya. Dengan begitu, sudah pasti jika kualitas serat kain linen sangat berkualitas.

Serat benang kainnya lebih tebal, sehingga membuat kain linen menjadi lebih kuat ketika dipegang. Meski demikian, kain linen bukanlah salah satu jenis bahan kain yang laku dipasaran, karena kain ini merupakan salah satu jenis kain yang tergolong berat.

2. Kain linen adem saat di pakai

Kain linen merupakan bahan kain yang sangat adem. Jadi bahan kain ini sangat direkomendasikan untuk bahan gamis atau jilbab. Karena dengan pakaian yang adem, maka penggunanya juga akan merasa nyaman.

3. Tekstur kainnya lembut

Sudah menjadi hal yang wajar, semua jenis bahan kain yang terbuat dari serat alami pasti memiliki tekstur yang lembut, kain tersebut ketika di raba sangat halus. Sehingga banyak orang yang menyukai pakaian dengan bahan yang satu ini.

4. Serabut kain yang tidak terburai

Kain linen memiliki serabut kain yang tersusun sangat rapi. Tidak seperti dengan bahan kain yang terbuat dari kapas (cutton).

Kain linen pada umumnya memiliki serabut kain yang tidak terburai atau di dalam bahasanya sering di sebut njabrut.

Kekurangan Kain Linen

Segala sesuatu tentunya memiliki kelemahan dan kelebihan, begitupun dengan kain linen memiliki beberapa kelemahan yang harus Anda ketahui.

1. Bahan kain linen tergolong berat

Bagi Anda yang tidak menyukai jenis bahan kain yang berat, maka bahan linen mungkin tidak cocok untuk Anda. Sebagai alternatifnya, Anda dapat memilih bahan kain katun yang biasanya terbuat dari bahan kapas seperti katun toyobo, katun supernova atau katun ima.

Bahan kain yang berat juga susah saat proses pencucian dan pengeringan. Namun asumsinya bahan kain linen meskipun merupakan salah satu bahan kain yang tergolong berat tapi masih cenderung relatif dan bahan kain ini juga terdiri dari banyak jenis. Baca Juga : Karakteristik Kain Linen

Misalnya saja bahan katun linen look, banyak orang mengatakan bahwa kain ini merupakan kain yang berat, namun untuk sebagian orang menganggap biasa saja.Mungkin karena jenis bahan ainnya tebal, jadi orang beranggapan bahwa kain yang tebal pasti berat.

Sedangkan bahan linen look jika diperhatikan dengan lebih teliti, bahan kainnya tidak terlalu berat. Apalagi yang bahan linen 3G, bahan kainnya lebih ringan dibanding jenis bahan linen lainnya.

2. Serat bahan kain linen lebih mudah terurai

Karena serat bahan kain linen ukurannya besar- besar, hal itu yang menyebabkan serat kain mudah terurai. Untuk menghindari hal itu terjadi, sebaiknya kain linen di rawat secara baik dan benar. Agar tidak cepat rusak, maka kain linen membutuhkan perawatan khusus.

Dengan melakukan obras penuh pada bagian semua ujung kain linen, hal itu dapat mencegah agar benang- benangnya tidak mudah terurai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *