KLHK Kota Depok Bagikan Bibit Ketapang Kencana Secara Cuma-Cuma

Cuaca berawan membuat hati senang saat berkunjung, Pembibitan Permanen Cimanggis di Jalan Raya Jakarta Bogor KM 37.2. Saat memasuki gerbang, udara segar mulai terasa. Jumlah pohon besar memberikan udara segar, di rumah tergantung di sana.

Ketika Anda sampai di sana, Anda dapat menjelajahi lahan seluas 1,8 hektar secara gratis. Dengan pemandangan yang bagus. Sejauh mata memandang, juga dimanjakan dengan banyak tanaman yang ditemukan di lingkungan ini. Apalagi ada Situ Jatijajar yang keberadaannya jatuh di bawah pembibitan ini.

KLHK Kota Depok Bagikan Bibit Ketapang Kencana Secara Gratis

Nursery permanen saat ini menjadi pusat perhatian, belum lagi di media sosial. Pembibitan Permanen memberikan benih kepada masyarakat secara gratis.

Untuk mendapatkan benih secara gratis, masyarakat harus menyatakan jumlah, jenis benih dan denominasi mereka. Masukkan identitas dan alamat lengkap Anda, lampirkan salinan kartu identitas Anda, dan sertakan nama dan orang yang bisa dihubungi.

Tidak hanya itu, masyarakat meminta aplikasi untuk melakukan pemeliharaan tahun pertama dan kedua. Setelah persyaratan diminta, pemohon akan menandatangani nota pemindahan benih.

Tidak ingin acara yang tidak diinginkan, dari kamar bayi untuk mengunjungi rumah pelamar. Ini untuk memeriksa tanaman yang diterima.

Kami di monitor karena takut disalahgunakan. Apakah tanaman yang diberikan ditanam, kata Manajer Pembibitan Permanen Cimanggis, Cecep Firman Risnandar.

Saat memantau timnya, baik rumah maupun agensi. Karena ini, mereka semua ditanam sesuai dengan kondisi yang ditetapkan. Sejauh ini, semua yang kami temui aman, tidak ada yang disalahgunakan. Tetapi ada tanaman yang mati dan kita melihat bangkainya sendiri, jelasnya.

Tanaman yang diberikan adalah hasil produksi dari Nursery Pohon Permanen, dengan memproduksi 1 juta pohon setiap tahun, yang terdiri dari jenis kayu pelindung dan MPTS atau aroma buah.

Pada 2019 akan ada banyak permintaan. Terutama dari individu yang mencapai 8 ribu orang. Adapun pelamar dari institusi, sekolah atau kelompok, sekitar 300 ribu.

Untuk jenis tanaman yang didistribusikan, cukup bervariasi termasuk sengon, meranti putih, jabon, suren, salam, kelor, tabebuya, ketapang, ketapang emas, teripang eucalyptus, jati, beringin dan banyak lagi.

Selain tanaman berkayu, pihaknya juga membagikan jenis tanaman buah-buahan seperti sirsak, mangga, jambu biji, manggis dan banyak lagi.

Dari 1 juta pohon yang didistribusikan dalam tiga minggu, hanya sekitar 43.000 pohon yang tersisa hari ini. Dan untuk jenis tanaman buah ini tidak tersedia, karena jumlah peminatnya sangat tinggi.

Lokasinya yang strategis, sangat dekat dengan Situ Jatijajar, memastikan bahwa pasokan air tidak pernah habis, bahkan jika musim kemarau datang seperti kemarin. Karena kebutuhan air selalu terpenuhi dan kekeringan tidak pernah terasa.

Beberapa permintaan masih dapat dikelola oleh sejumlah besar agen yang menangani. Bagi orang yang ingin mendapatkan bibit pohon secara gratis, Anda dapat datang langsung ke kamar bayi dan memenuhi persyaratan.

Manfaat ketapang secara umum

Hampir semua bagian pohon Ketapang dapat digunakan. Daun sering digunakan sebagai dasar untuk produksi tinta, menghitam dan penyamakan kulit. Daun ketapang mengandung 12 jenis tanin yang bisa dihidrolisis.

Jaringan kulit kayu (pepagan) dapat digunakan sebagai zat pewarna. Warna yang dihasilkan dari ekstrak pohon Ketapang kencana ini dominan dengan warna kuning kecoklatan dan hampir mirip dengan minyak zaitun. Kulit kayu atau bagian pepagan ini banyak mengandung tanin sebesar 11% hingga 23%.

Kayu pohon ketapang berwarna merah muda sampai kecoklatan. Kepadatan kayu tertentu, yang disebut terminalia merah-coklat, antara 0,465 dan 0,675. Kayu pohon ketapang tidak tahan lama, tetapi sangat tahan dan keras, sehingga kayu ketapang sering digunakan untuk menutupi lantai (veneer) dan untuk membuat perahu.

Biji buah ketapang bisa dimakan. Beberapa orang bahkan berpikir bahwa biji ketapang lebih baik daripada biji kenari. Karena itu, banyak pembuat kue menggunakan biji ketapang sebagai pengganti kenari dan almond. Ketika inti biji ketapang dikeringkan di bawah sinar matahari, terbentuk minyak kekuningan.

Minyak ini kaya akan berbagai asam lemak seperti asam oleat (hingga 23,3%), asam palmitat (55,5%), asam linoleat, asam miristat dan asam stearat. Selain asam lemak, biji ketapang kering juga mengandung gula 16%, protein 25% dan berbagai jenis asam amino.

Biji ketapang dapat menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan penelitian oleh peneliti dari University of Toronto, Kanada, buah biji ketapang dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Fakta ini ditentukan sebagai hasil investigasi dengan tiga kelompok peserta.

Dalam studi semen Ketapang ini, kelompok pertama menurunkan kolesterol melalui diet tingkat rendah yang hanya mengonsumsi makanan dengan krim susu dan sereal. Kelompok kedua diberi makan sama seperti kelompok pertama. Harga Bibit Ketapang Kencana

Hanya saja pada kelompok kedua, diet ditambah dengan konsumsi pil penurun kolesterol hingga 20 ml per hari. Kelompok ketiga secara ketat mengonsumsi makanan berserat, kedelai dan biji ketapang.

Kemudian hasilnya menunjukkan bahwa kelompok ketiga (yang mengonsumsi biji ketapang) berhasil menurunkan kadar kolesterol mereka lebih dari 30%. Alasannya biji ketapang mengandung vitamin E dalam jumlah banyak. 

Vitamin E berfungsi sebagai pemicu pengurangan jumlah protein C-reaktif. Kadar protein C-reaktif yang tinggi mengindikasikan peradangan pembuluh darah di dalam tubuh, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Daun ketapang sebagai pakan sederhana untuk ikan cupang

Daun ketapang diiklankan sebagai resep khas Asia untuk mengatasi masalah air, itulah pendapat para pecinta ikan. Sebagian besar sungai dan danau di Asia berwarna coklat gelap. Secara mengejutkan warna air ini dapat memengaruhi kualitas hidup ikan hias yang ada di dalamnya.

Ini diketahui setelah fakta bahwa ikan cupang yang hidup di daerah dengan sungai atau danau berwarna coklat gelap (jauh ke sana karena daun Ketapang) lebih cantik dan tubuhnya lebih sehat.

Mengapa daun ketapang dapat menjaga kualitas ikan cupang? Penelitian menunjukkan bahwa daun ketapang menghasilkan sejenis racun yang digunakan untuk menghindari parasit.

Ketika daun pohon, juga dikenal sebagai pohon kenari tropis, mengering dan jatuh ke sungai atau danau, asam organik (seperti tanin dan asam humat) berkembang yang dapat mengurangi keasaman air.

Selain itu, daun ketapang dikatakan mampu menyerap bahan kimia berbahaya untuk menciptakan kondisi air yang sehat yang nyaman bagi ikan cupang.

Zat yang dihasilkan oleh daun ketapang menyebabkan banyak petani ikan cupang menggunakannya untuk mencegah penyakit ikan cupang yang disebabkan oleh bakteri jahat. Jika ikan cupang dapat hidup sehat, ia menghindari stres dan pertumbuhan ekornya menjadi lebih indah dan maksimal.

Ketapang Seed Cake, adalah makanan yang pembuatan nya dilakukan dengan cara yang mudah dan tentunya akan sangat enak.

Biji ketapang kencana sebelum digunakan secara memadai oleh orang Indonesia. Padahal, biji ketapang kaya nutrisi. Di Ketapang, biji mengandung 5,8% karbohidrat, serat 11,75%, gula 16%, protein 25,3% dan berbagai jenis asam amino.

Para peneliti dan mahasiswa di berbagai daerah telah mencoba membuat makanan dari biji ketapang. Makanan olahan seperti Ketapang Seed Tempeh, Selap Seed Ketapang dan sebagainya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *