Media Sosial Adalah

Media-Sosial

Media Sosial Adalah – Apa itu media sosial? Pengertian media sosial adalah media online (online) yang digunakan sebagai sarana interaksi sosial online di Internet. Di media sosial, pengguna dapat berkomunikasi, berinteraksi, bertukar, jaringan dan melakukan berbagai kegiatan lainnya.

Media sosial adalah menggunakan teknologi atau aplikasi berbasis situs web yang dapat mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Beberapa contoh media sosial populer adalah YouTube, Facebook, blog, Twitter, dan lainnya.

Medial-Sosial
Medial Sosial

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa artinya media sosial, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli. Di bawah ini adalah definisi media sosial oleh para ahli:

Philip Kotler dan Kevin Keller

Menurut Philip dan Kevin Keller, media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, video dan audio satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.

Marjorie Clayman

Menurut Marjorie Clayman, memahami media sosial adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan Anda untuk mengenal pelanggan dan pelanggan potensial dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

Chris Brogan

Menurut Chris Brogan, memahami media sosial terdiri dari serangkaian alat komunikasi dan kolaborasi baru yang memungkinkan berbagai jenis interaksi yang sebelumnya tidak tersedia bagi orang awam.

M. Terry

Menurut M. Terry, definisi media sosial adalah sarana komunikasi di mana pengguna dapat mensintesis konten mereka dan menggunakan teknologi transmisi berbasis Internet yang berbeda dari media cetak dan transmisi konvensional.

Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien

Menurut Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien, memahami media sosial adalah sekelompok aplikasi berbasis Internet yang didasarkan pada fondasi ideologis Web 2.0 (platform untuk pengembangan media sosial) dan memungkinkan pembuatan dan pertukaran konten pengguna dibuat.

Michael Cross

Menurut Michael Cross, istilah media sosial adalah istilah yang menggambarkan banyak teknologi yang digunakan orang dalam kolaborasi, pertukaran informasi, dan interaksi melalui konten berita berbasis web.

Karakteristik Media Sosial

Kita dapat mengenali media sosial berdasarkan propertinya. Beberapa fitur media sosial tercantum di bawah ini:

Partisipasi Pengguna

Semua media sosial mendorong pengguna untuk berpartisipasi dan memberikan umpan balik pada pesan atau konten di media sosial. Pesan yang dikirim dapat diterima atau dibaca oleh banyak orang.

Adanya Keterbukaan

Sebagian besar media sosial menawarkan pengguna kemampuan untuk berkomentar, memberikan suara, berbagi, dan lainnya. Pesan dapat dikirim secara bebas tanpa harus melalui penjaga gerbang.

Adanya Perbincangan

Sebagian besar media sosial memungkinkan konten untuk berinteraksi, baik dalam bentuk reaksi atau percakapan antar pengguna. Penerima pesan dapat dengan bebas menentukan kapan harus berinteraksi dengan pesan tersebut.

Keterhubungan

Media sosial memungkinkan pengguna untuk terhubung ke pengguna lain melalui tautan dan sumber informasi lainnya. Mengirim pesan ke media sosial lebih cepat daripada media lain menghubungkan banyak informasi di media sosial.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *